0 Implementasi VLAN, VTP, dan STP pada topologi UNJANI

TUJUAN
- Dapat mengimplementasikan VLAN, VTP, dan STP pada topologi UNJANI
- Dapat membuat perencanaan untuk implementasi tersebut
- Memenuhi tugas yang diberikan


PENDAHULUAN
Spanning Tree Protocol (STP) adalah link layer network protocol yang menjamin tidak adanya loop dalam topologi dari banyak bridge/switchdalam LAN. Dalam model OSI untuk jaringan komputer, STP ada di layer 2 OSI. Spanning tree memperbolehkan desain jaringan memiliki redundan (pengurangan) links untuk membuat jalur backup otomatis jika sebuah link aktif gagal bekerja, tanpa adanya bahaya dari loop pada bridge/switch. Loop pada bridge/switch akan menghasilkan flooding pada network. Cara kerja dari STP itu sendiri adalah sebagai berikut :
   1. Menentukan root bridge.
   2. Menentukan least cost paths ke root bridge.
   3. Non-aktifkan root path lainnya.

Spanning Tree protocol adalah protokol yang berada di jaringan switch yang memungkinkan semua perangkat untuk berkomunikasi antara satu sama lain agar dapat mendeteksi dan mengelola redundant link dalam jaringan.



ALAT DAN BAHAN
- PC
- Aplikasi Packet Tracert

LANGKAH KERJA
- Buat topologi pada packet tracert sesuai dengan topologi UNJANI





















- Skenario dari topologi tersebut adalah, jika host dari Lab 1 (diwakili oleh host paling kiri) akan berkomunikasi dengan host di Lab 3 (diwakili oleh wireless host) akan melalui SW1 --> Switch Utama --> SW4 --> SW6
- Berikan masing-masing host ip address dan netmask
- Konfigurasikan Switch

Konfigurasi pada Switch1

Konfigurasi pada Switch Utama

Konfigurasi Switch 4

Konfigurasi Switch 6

HASIL




KESIMPULAN
Dengan melakukan praktikum ini kita dapat mengetahui bagaimana mengimplementasikan VLAN, VTP, dan STP. Selain itu kita juga dapat lebih mengetahui kegunaan dari VLAN, VTP, dan STP dengan mengimplementsikannya.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar